Larangan Menguap Dalam islam

"Dan diantara tanda-tanda kekuasaannya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari, dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya, sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan"
(QS Ar Ruum ayat 23)

Rasulullah mengingatkan kepada kita apabila salah seorang di antara mu menguap, hendaklah menutup mulutnya karena syaitan dapat masuk melalui mulutnya. Jika dalam 1 menit anda sudah 4 kali menguap bukan hanya setan yang mengintai bisa jadi tanda penyakit serius.

Hampir semua makhluk vertibrata selalu menguap bahkan janin manusia mulai menguap ketika berusia 11 minggu, kerap menguap tak selalu berarti mengantuk sehingga tidur juga belum tentu jadi solusinya, apalagi sampai menguap berlebihan jika 1 menit seseorang dapat menguap 4 kali bisa jadi tanda penyakit serius. Sebagian besar gangguan yang berhubungan dengan menguap berasal dari sistem syaraf pusat yakni epilepsi, radar otak atau tumor otak.

Menguap merupakan tanda dari reaksi pingsan atau singko vaso vaga, walaupun juga bisa menjadi tanda kecemasan atau rasa bosan. Proses menguap terjadi pada saat denyut jantung melambat aliran oksigen ke otak menjadi berkurang pada saat itulah otak memerintahkan untuk menguap. Ketika mulut terbuka udara secara otomatis masuk ke tenggorokan, oksigen dalam paru-paru akan diserap kedalam sel darah merah dan dialirkan ke otak dengan demikian otak akan menjadi lebih segar.

Menguap yang menular juga di sebabkan oleh respon empatetic yang menunjukan sifat dasar empati manusia perasaan memahami terhadap orang lain

Dalam islam ada adab yang harus di lakukan bila kita menguap, dalam dua hadits riwayat imam muslim menceritakan

"Apabila salah seorang kalian menguap, hendaklah ia menahan mulutnya dengan tangannya karena syaitan bisa masuk"
(HR. Muslim)

"Apabila salah seorang dari kalian menguap dalam shalatnya, hendaklah ia berusaha menahan kuapannya sebisa mungkin karena syaitan bisa masuk"
(HR Muslim)

Selain karena perasaan lelah, bosan, stress atau pertanda akan pingsan menguap disebabkan karena mengantuk, cara terbaik menghilangkan rasa kantuk adalah tidur. Manusia menghabiskan 1/3 hidupnya untuk tidur.

Tidur tidak hanya beristirahat tetapi salah satu proses pemulihan tubuh agar berfungsi dengan baik. Ketika tidur tubuh mengalami perbaikan dan detoksifikasi. Tidur juga membantu tubuh memperbaiki sistem kekebalan untuk melawan infeksi. Pola tidur yang buruk berhubungan dengan kesehatan yang buruk juga. Kurang tidur dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti depresi, tekanan darah tinggi, obesitas dan melemahkan sistem kekebalan darah tubuh.

Otak tetap aktif selama kita tidur, meskipun aktifitas dalam korteks turun sekitar 40%. Selama tidur tingkat sistem pencernaan akan melambat, denyut jantung akan menurun antara 10 dan 30 denyut permenit saat tidur. Hal ini menyebabkan penurunan tekanan darah yang terjadi pada saat tidur nyenyak. Selama tidur nyenyak tingkat metabolisme sel-sel darah tubuh di percepat dan banyak menunjukan peningkatan dalam produksi dan penguraian glukosa menjadi protein.

Tidur merupakan kebutuhan primer dalam kesehatan tubuh dan jiwa. jika kita kurang tidur resiko terkena diabetes, stroke, obesitas hingga hipertensi akan meningkat. Namun sebaliknya jika terlalu banyak tidur lebih dari yang di rekomendsikan 7 hingga 8 jam setiap malam  maka kita juga beresiko terkena penyakit jantung. 
Manfaat tidur siang dapat menajamkan ingatan. Tidur siang selama 10 menit secara langsung menurunkan kekakuan dan meningkatkan kinerja otak setidak nya selama 2,5 jam, tidur siang selama 30 menit 3 kali dalam seminggu akan mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler hingga 30%. Selain itu tidur siang dapat mempercepat metabolisme tubuh, mencegah penuaan, meningkatkan memori dan membuat tubuh lebih segar.

Sebenarnya manfaat tidur siang juga sudah ALLAH SWT terangkan secara implisit dalam Alquran, surat ar Ruum ayat 23


"Dan diantara tanda-tanda kekuasaannya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari, dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya, sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan"
(QS Ar Ruum ayat 23)

Sementara tidur malam dalam kamar yang gelap ternyata sangat bermanfaat untuk tubuh. Hormon melatonin dalam tubuh di produksi pada saat cahaya mulai redup, hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker. Hormon melatonin ini tidak akan muncul jika orang tidur jika malam hari dengan lampu menyala.

Pada beberapa hewan tidur merupakan strategi unik untuk bertahan hidup, dengan tidur nyenyak atau deepsleep yang diiringi dengan menurunkan metabolisme dan tempteratur tubuh dalam satu periode teknik ini dinamakan Hibernasi.





Sumber : Khazanah Trans7
Title: Larangan Menguap Dalam islam; Written by FromZiroToHiro; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar